BebasAsap.org

Yogyakarta (Kota) - D.I Yogyakarta

BebasAsap.org

Latar Belakang

Permasalahan Asap yang muncul dari pembakaran lahan baik sengaja ataupun tidak sengaja adalah masalah rutin yang terjadi di beberapa daerah Indonesia. Bukannya membaik, setiap tahunnya permasalahan ini menjadi semakin pelik (runyam). Salah satunya dikarenakan permasalahan asap merupakan fenomena yang masih dianggap biasa oleh banyak kalangan.

Memang permasalahan asap ini tidak bisa disamakan dengan bencana lain yang memakan korban atau menghancurkan bangunan fisik, namun permasalahan asap secara perlahan dan pasti sangat menggangu dan menimbulkan banyak efek dimulai dari terjangkitnya penyakit ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) hingga terganggunya aktivitas di daerah yang berakibat pada menurunnya produktivitas yang berujung pada kerugian ekonomi di daerah tersebut.

Permasalah asap semakin diperparah dengan minimnya pengetahuan masyarakat itu sendiri, hal ini menyebabkan banyak masyarakat yang salah dalam penanganan saat terpapar dan mengakibatkan dampak yang diterima semakin parah, selain itu keterlibatan pemerintah juga dirasa masih kurang, belum lagi kurangnya kesediaan informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat tentang asap dan kondisi terkini daerah mereka.

Target

Memberikan informasi yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat untuk tahu dan ikut terlibat dalam gerakan penanggulangan permasalahan asap.

 

Goal

Visi 

Membantu permasalahan asap dengan menjadi pusat informasi, bantuan dan gerakan yang dapat diakses dengan mudah oleh masyarakat.

 

Misi 

* Memberikan informasi seputar dampak akibat asap serta pola penanganan pertama saat terpapar.

* Menjadi pusat bantuan baik berupa donasi ataupun relawan yang akan disalurkan untuk membantu secara cepat di daerah dengan permasalahan asap.

* Menjadi pusat informasi terkait situasi terkini daerah, khususnya bagi daerah rawan atau daerah dengan tingkat titik api yang tinggi, hal ini digunakan untuk deteksi dini kemungkinan daerah mengalami permasalahan asap.

Strategi

* Menyajikan informasi terkait apa itu permasalahan asap, akibat yang ditimbulkan baik yang bersifat indvidu (penyakit) maupun akibat yang berdampak sistemik bagi daerah, serta trend kejadian permasalahan asap.

* Mengumpulkan data terkait kondisi, kebutuhan daerah, serta pihak yang dapat diajak bekerjasama dalam penyaluran bantuan (terutama bantuan masker serta fisik lainnya), selain itu dalam juga menyediakan akses untuk siapa saja ikut membantu dalam penyempurnaaan media/platform bebasasap.org

* Menyajikan informasi terkait kondisi daerah dengan menghimpun data indeks ISPU yang kemudian dikategorikan dalam 3 kategori. (Baik, Rawan dan Berbahaya).

* Menyediakan format untuk masyarakat memberikan laporan terkait kejadian pembakaran lahan dan isu-isu terkait.

* Mengkampanyekan gerakan #BebasAsap lewat ide-ide kreatif dengan memanfaatkan jejaring yang dimiliki.

Info mengenai Donasi bisa menghubungi :Rizka (085740568565/082226216063)

Timeline

* Analisis kebutuhan bantuan 8-10 Oktober 2015

* Pengumpulan bantuan 9-16 oktober (Tahap 1, kemudian akan dilanjut)

* Penyerahan bantuan 20 oktober.

* Pengumpulan data, dan informasi lain 10-20 oktober


Info & Bantuan?

Silahkan menghubungi melalui SMS: 082114274252 atau email ke relawan@turuntangan.org.

19 Relawan

Tentang Gerakan

Lokasi: Yogyakarta (Kota) - D.I Yogyakarta

Project Manager: Asrari Puadi

Keywords: Tragedi, Asap, Polusi Udara, Kebakaran Lahan, Donasi.

Kebutuhan Relawan: 15 orang

Project Manager