Tebar Inspirasi

Jakarta Selatan - DKI Jakarta

Tebar Inspirasi

Latar Belakang

Budaya literasi di Indonesia menunjukkan angka yang ironis. Menurut data UNESCO tahun 2013, hanya 1 dari 1000 orang Indonesia yang membaca buku. Nyatanya arus teknologi informasi begitu tinggi di Indonesia. Namun, tidak sejalan dengan perilaku mencari informasi. Perilaku mencari informasi ini identik dengan minat baca dan kemudian produktivitas dalam karya berupa tulisan. Minat baca dan tulis ini sangat signifikan pengaruhnya terhadap edukasi masyarakat, kreativitas, dan kemampuan memaksimalkan potensi diri.

Target

Rendahnya minat baca ini perlu didorong dengan berbagai cara yang efektif dan kreatif. Sasaran utamanya adalah anak-anak. Indonesia membutuhkan generasi yang menyuburkan budaya literasi dan ini perlu dipupuk sejak kecil; usia sekolah dasar. Tebar Inspirasi lahir untuk membuka pintu gerbang inspirasi kepada anak-anak usia Indonesia lewat buku. Kegiatan ini dirancang untuk menjangkau dunia anak-anak yang berwarna dan penuh potensi, dengan cara yagn menyenangkan pula. Akses buku memang salah satu kendala yang dialami banyak keluarga di Indonesia. Namun, buku saja tidak cukup menjadi alat. Untuk itu, Tebar Inspirasi hadir dengan paket lengkap: buku, kegiatan edukatif,  dan bimbingan mentor. Anak-anak perlu bimbingan untuk bisa menikmati buku yagn sedang dibaca.

Goal

1. Meningkatkan minat baca anak-anak

2. Mendorong aktivitas membaca bagi anak-anak sejak usia dini

3. Memberikan model kreatif pengelolaan sarana membaca di masyarakat

Strategi

1. Tebar Inspirasi menyasar langsung para siswa mulai dari usia PAUD sampai Sekolah Dasar. Kegiatan ini hadir di sekolah-sekolah untuk memberikan intervensi langsung meningkatkan minat baca anak-anak. Tidak hanya di sekolah, kegiatan ini akan menyasar daerah-daerah yang lingkungannya ditinggali anak-anak usia PAUD sampai SD.
 
2. Tebar Inspirasi diisi dengan kegiatan menyenangkan khas anak-anak, namun tetap edukatif seperti role play, mendongeng, membuat kerajinan tangan, dan permainan tradisional. Saat kegiatan berlangsung, motor Gerai Pustaka datang dengan buku-buku yang sesuai untuk usia anak. Setelah kegiatan kelompok, anak-anak diberi waktu untuk membaca bersama dan meminjam buku.
Dengan bimbingan para kakak fasilitator, para peserta kegiatan memiliki mentor yang menemani waktu membaca dan memberikan motivasi bagi peserta.
 
3.  Tebar Inspirasi menggalang para relawan sebagai fasilitator untuk bersama-sama mendorong minat baca adik-adiknya sebangsa; memberikan teladan secara langsung

Timeline

Minggu 1 : Pertemuan Perdana

Minggu 2 : Story Telling

Minggu 3 : Belajar Origami

Minggu 4 : Permainan tradisional

Minggu 5 : Penutupan


Info & Bantuan?

Silahkan menghubungi melalui SMS: 082114274252 atau email ke relawan@turuntangan.org.

1 Relawan

Tentang Gerakan

Lokasi: Jakarta Selatan - DKI Jakarta

Project Manager: Kiki Sidqiyah

Keywords: Literasi, Edukasi.

Kebutuhan Relawan: 25 orang

Project Manager